Langsung ke konten utama

Darimana Keterampilan Berasal ?

Kita mengenal bintang sepak bola menyerupai Ronaldo, Messi, Roney dan lain sebagainya. Aksi mereka di lapangan hijau tidak perlu ditanyakan lagi, sangat luar biasa. Kemudian, kita juga bisa melihat Tiger Wood, pegolf yang sudah mendapat penghargaan tingkat dunia di masa yang masih muda. Bukankah hal ini sangat luar biasa. dan kitapun ingin dan sangat ingin bisa menjadi orang berprestasi dan menjadi orang yang sangat jago Atau expert dan punya keterampilan di bidang yang kita minati. Dan pertanyaannya dari mana keterampilan mereka berasal ? Dari motivasikah ? Atau dari yang lainnya ? Darimana ?

Bahasa Arab Orang Arab vs. Bahasa Arab Orang Indonesia

Sekarang tebak, mana yang lebih mahir berbahasa arab, orang indonesia atau orang Arab. Mungkin ada yang bilang, Orang arab lah, ngapain sih nanyain problem gak penting. Ya, memang bahasa arab orang arab itu lebih baik dari sebagian besar bahasa arab orang Indonesia dan ini sangat penting kita amati. Sekarang Coba tebak, apakah orang-orang arab punya motivasi tinggi untuk mencar ilmu bahasa arab ? Tentu, tidak kan. Mereka dapat berbahasa arab dengan baik sebab lingkungan mereka, tetangga, dan orang-orang yang ada di sekeliling mereka menggunakan bahasa arab. Kitapun demikian, kita bisa bahasa Indonesia sebab kita berada di lingkungan bahasa Indonesia dan biasa menggunakan bahasa Indonesia. Jadi, Apakah motivasi merupakan hal yang sangat diharapkan untuk memiliki sebuah keterampilan ? Tidak, motivasi, tidak memiliki tugas penting di dalam pembentukan keterampilan. Tapi, motivasi juga akan memiliki kegunaan nantinya. Lalu, Apa hal yang paling penting ketika aku menginginkan sebuah keterampilan ?

Belajar Beladiri Karate

Ada seorang anak ingin menjadi Karateka. Dia membaca sebuah selebaran yang bertuliskan. “Belajar karate gratis 30 hari berturut-turut”. Si anak ini sangat senang dan pribadi mendatangi kawasan yang dimaksud. sesampainya di kawasan tersebut tersebut kemudian mendaftar, besoknya beliau kembali untuk mengikuti pelajaran karate.
Nah, sekarang saatnya mencar ilmu karate, sampainya di sana. Si pengajar berkata “Anak-anak sekarang kita akan mencar ilmu teknik pukulan dulu, caranya letakkan tangan di pinggang, dengan posisi episode putih di atas, bla, bla, …” Selama, 2 jam pak guru berbicara soal teknik pukulan, tidak meminta para murid untuk mempraktekannya sama sekali, hari berikutnya mereka mencar ilmu teknik tendangan dengan cara yang sama, hari ketiga, keempat, kelima dan seterusnya hingga dengan hari ketigapuluh juga sama. Pertanyaannya, apakah setelah 30 hari mereka bisa menggunakan jurus-jurus karate untuk melawan orang yang mengganggunya ? Tentu tidak mereka akan berakal menjelaskan teknik-teknik karate tapi, tidak bisa mampu mempraktekannya.
Jadi, kita akan menjadi satria karate yang hebat jikalau kita berlatih menggunakan semua anggota badan kita, praktek dan praktek, bukannya mencar ilmu perihal teori-teorinya saja. Jika kita hanya mencar ilmu teori saja, maka kita akan mejadi orang yang berakal dalam teori beladiri karate. Jadi, Apa kunci memiliki sebuah keterampilan ? Praktek jawabannya. Jika anda ingin terampil memperbaiki sepeda motor, maka kita harus berlatih memperbaiki sepeda motor. Jika kita ingin jadi atlit renang, maka kita harus berlatih dan praktek berenang. Kuncinya yaitu Praktek.

Apa  yang Menyebabkan orang menjadi Expert

Di awal artikel ini muncul nama-nama populer menyerupai Ronaldo, Messi, Tiger Wood, dan lain sebagainya. Kenapa mereka menjadi sangat jago di bidangnya sedangkan yang lain tidak. Mengapa orang arab punya bahasa arab yang sangat fasih bila dibandingan dengan orang Indonesia yang tidak mencar ilmu bahasa arab ?
Kuncinya ada di Pengulangan. Semakin banyak anda mengulang-ulang keterampilan anda, maka anda akan menjadi semakin ahli. Jadi, diulang-ulang. itulah kunci menjadi expert. Para pakar bilang kita butuh 10.000 jam supaya menjadi seorang yang expert di bidangnya atau 3 jam per hari selama 10 tahun. Nah, itulah kunci menerima sebuah ketarampilan, praktek yang diulang-ulang.

Hanya dua kuncinya

Sekali lagi, hanya dua kuncinya praktek dan diulang-ulang.

Komentar

Postingan populer dari blog ini

INI DIA, MANFAAT VITAMIN E UNTUK KESEHATAN TUBUH

Manfaat vitamin E untuk kesehatan tubuh. Biasanya, Vitamin E terkandung di dalam sayuran dan kacang-kacangan. Sayuran seperti, bayam, kangkung, dan sayuran hijau lainnya merupakan sumber vitamin E. Selain itu, vitamin E juga ada di macam-macam buah menyerupai pisang dan strawberry.

Sekarang, Vitamin E juga dikemas dalam bentuk suplemen. Dibungkus dalam kemasan yang rapi dan menarik. Suplemen tersebut dapat anda dapatkan di apotek terdekat.

Lalu, Berbicara soal vitamin E. Mungkin akan muncul sebuah pertanyaan. Sebenarnya, apa manfaat vitamin E bagi kesehatan tubuh. Apa yang akan terjadi jikalau kita kekurangan vitamin E. Dan Apakah kita sudah mencukupi kebutuhan vitamin E badan kita ? Nah, Langsung saja, Berikut ini yaitu Manfaat vitamin E untuk Kesehatan tubuh.

1. MENCEGAH PENYAKIT JANTUNG- Manfaat vitamin E yang pertama yaitu Mencegah Penyakit jantung. Kita perlu pahami apa penyebab penyakit jantung. Penyakit jantung ini disebabkan oleh penyempitan arteri pada pembulu darah. Teruta…

Alasan yang Menyebabkan kita Melupakan Sesuatu

APakah anda pernah lupa dimana anda meletakan kunci tadi pagi, apakah anda pernah lupa bahwa tadi siang anda ada kesepakatan dengan client, apakah anda lupa mengangkat panci dari kompor hingga air yang ada di dalam panci tersebut habis.

Semua persitiwa ini kita sebuat lupa, kita lalai dengan peristiwa tersebut. Pertanyaan yang selalu mengganjal di dalam diri saja semenjak beberapa waktu yang lalu yaitu Mengapa hal tersebut dapat terjadi ? Setelah membaca beberapa buku, berdiskusi dengan teman, dan membaca bebarapa artikel saya menerima beberapa poin, sebagai berikut,

1. KITA LUPA KARENA KITA TIDAK MENGANGAP SESUATU YANG KITA LAKUKAN ADALAH PENTING- Kita melaksanakan bermacam-macam acara secara tidak sadar. Walaupun tidak semua kita lakukan secara tidak sadar. Tapi, sebagian besar kita lakukan dengan tidak sadar. Apakah anda sadar ketika mandi, setiap hari anda menggosok episode badan dengan urutan yang sama tanpa di sadari. Saat mandi, pikiran sebagian orang tertuju pada yang lain. K…

Manusia punya tugas masing-masing

Pernahkah anda merasa sebagai seorang yang tidak ada gunanya bagi orang-orang yang ada di sekitar anda? pernahkah anda merasa menjadi seseorang yang tidak sanggup mendapatkan amanah dikala orang membutuhkan?Hal itu sudah biasa, setiap orang memiliki perannya masing-masing. Coba pikirkan kembali semua orang yang anda kenal atau orang-orang yang anda lihat. Apakah semuanya memiliki kegunaan atau menunjukkan manfaat bagi anda? Tidak akan semuanya. Ketika insan melihat orang-orang yang ada disekitarnya dan memikirkan apakah mereka semua bisa menolong saya dikala saya membutuhkan. kemungkinan besar anda akan menjawab tidak semua orang bisa menolong saya dikala saya membutuhkan. Begitu juga diri kita sendiri. Kadang-kadang seseorang tidak membutuhkan kehadiran atau eksistensi kita. Tapi, ada orang lain yang membutuhkan kita bahkan sangat membutuhkannya. Bisa jadi anda yaitu seorang pria yang sangat dirindu oleh istri dirumah. Bisa jadi anda yaitu seorang anak yang sangat dirindu oleh orang …