Langsung ke konten utama

Akibat Kurang Tidur

Tidur itu merupakan sebuah kebutuhan bagi insan karena badan insan ini juga butuh istirahat dan perbaikan. Dan saat tidur, badan insan akan istirahat dan otomatis akan memperbaiki bagian-bagian atau sel-sel yang rusak. Hal yang buruk akan terjadi bila proses perbaikan ini diabaikan dan ditinggalkan.

Kemudian, Apa saja yang akan terjadi bila kita ini kurang tidur ?

Ada banyak hal yang terjadi, ibarat pikun, sulit konsentrasi, stroke, diabetes dan lain-lain. Dan berikut ini yaitu penjelasan lebih lanjutnya.

Berapa lama waktu tidur yang diharapkan insan ?

Ada orang yang bilang, lama tidur yang ideal yaitu 8 jam. Tapi, ada juga yang bilang saat anda tidur 7 jam, 6 jam, 5 jam atau 4 jam sehari tidak akan bermasalah terhadap kesehatan anda, dan ini dinyatakan oleh pakar berjulukan Donald L Bliwise, PhD, dari Atlanta's Emory University. Jadi, keputusan ada di tangan anda. Menurut saya paling tidak anda habiskan 4 jam per hari dari waktu anda untuk tidur karena tidur itu kebutuhan insan dan setelah itu habiskan sisanya untuk melaksanakan aktivitas-aktivitas anda. Kita tidur untuk hidup.

Penyakit apa saja yang akan diderita orang yang kurang tidur ?

Ada beberapa penyakit yang sedang mengintai para orang-orang yang kurang waktu tidurnya diantaranya

  • Diabetes, Menurut sebuah studi yang diterbitkan dalam jurnal Diabetes pada tahun , peneliti dari University of Chicago dan Northwestern University menemukan bahwa saat penderita diabetes tipe 2 tidak memiliki jam tidur yang mencukupi di malam hari, akan meningkatkan kadar glukosa dalam darah sampai 9 persen. Nah berdasarkan penelitian tersebut dapat kita simpulkan bahwa diabetas juga dapat disebabkan karena kurang tidur.

  • Kangker, Dalam sebuah studi terhadap 1.240 orang pada tahun oleh para peneliti dari Case Western University, menemukan bahwa orang yang tidurnya kurang dari 6 jam di malam hari berisiko menderita polip kolorektal yang dapat menjadi kanker sampai 47 persen dibanding orang yang memiliki jam tidur yang cukup.

  • Jantung, Tidur yang cukup sangatlah penting untuk kesehatan jantung Anda. Dalam jurnal Sleepyang diterbitkan tahun , dicantumkan bahwa kurang tidur dapat meningkatkan risiko penyakit kardiovaskular atau penyakit jantung.
    Para peneliti di West Virginia University School of Medicine meninjau ulang data dari 30.397 orang yang berpartisipasi dalam studi yang dilakukan oleh National Health Interview pada tahun 2005. Berdasarkan tinjauan tersebut, diketahui bahwa orang yang memiliki jam tidur kurang dari 7 jam setiap malam berisiko terhadap penyakit jantung.

  • Lesu, Lemas, Ini berdasarkan pengalaman saya, saat anda kurang tidur, anda akan merasa badan anda sakit semua, pokoknya ndak enak rasanya, walaupun anda tidak merasa ngantuk. Dan adakala akan menjadikan hidung anda keluar darah.

Nah, demikian tadi beberapa penyakit yang akan terjadi saat seseorang kurang tidur. Dan memang pada dasarnya, waktu tidur insan yaitu waktunya badan beregenerasi. saat tidur, badan memperbaiki dan mengganti sel-sel yang mati. Dan dengan mengganti sel-sel yang mati ini badan akan mampu beraktivitas dengan normal kembali.

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Cara menumbuhkan rambut dan mengurangi rambut rontok

Ada sebagian orang yang sangat memperhatikan rambutnya dan menginginkan semoga rambut yang dimilikinya itu menjadi lebat, sehat dan tidak rontok. Kemudian, bagaimana cara untuk mewujudkan rambut yang sehat, lebat dan tidak rontok. Ada banyak cara untuk menciptakan hal yang demikian, Salah satunya mulai dari dilema konsumsi makanan dan minuman. Jadi, makanan yang anda makan dan minuman yang anda minum akan menghipnotis pertumbuhan rambut anda. dan berikut ini yakni zat-zat yang dapat dikonsumsi untuk rambut yang sehat. 1. Protein. Rambut dibentuk dari protein, dan kekurangan protein akan menimbulkan rambut rontok. Protein mampu di dapatkan di daging, ikan dan lain-lain (healthnews.com) 2. Vitamin. Ada beberapa vitamin yang diharapkan semoga rambut menjadi sehat. yang pertama yakni vitamin c, vitamin b, vitamin e, dan yang terakhir yakni vitamin a. kawan-kawan pembaca semuanya mampu menerima vitamin-vitamin tersebut dari sayuran dan makanan-makanan lain. 3. Zat besi. Nah, yang sa

4 Cara Menghilangkan Stress

Apa anda sedang tertekan ? Dan merasa bahwa hidup ini sangat sulit. Kita tahu apa yang sudah terjadi pada diri kita masing-masing. Stress atau merasa tertekan pasti ada pemicunya. Stress dapat menyerang siapa saja . Bahkan, setiap orang pernah mengalami stress. Fakta ini tidak bisa dipungkiri. Pengusaha, pejabat, maupun tukang ojek juga bisa stress. Sebelum kita berbicara perihal bagaimana cara menghilangkan stress, kita perlu paham apa yang disebut dengan stress. Stress yakni sebuah kondisi dimana seseorang merasa tertekan. Ada banyak Hal yang dapat menyebabkan seseorang merasa tertekan. Tumpukan peran yang ada dikantor dapat menyebabkan seseorang tertekan. Bertengkar dengan kawan, Kesulitan ekonomi atau ditinggal oleh orang yang dikasihi juga dapat menyebabkan stress. Cara mengobati stress yang paling mujarab yakni mengendalikan pikiran dan menyelesaikan masalah yang menyebabkan stress tersebut. Dan berikut ini tips-tipsnya. 1. SADARI PENYEBAB STRESS- Apa yang penyebab

3 Gejala Katarak Mata yang Harus Diperhatikan

Jika kita bicara soal penyakit katarak mata, maka kita sedang bicara penyakit mata yang paling sering menimbulkan kebutaan pada banyak saudara anda di Dunia. Banyak yang bilang, katarak akan menyerang setiap orang di masa tuanya. Katarak juga sering menyerang negara beriklim tropis. Mungkin, karena itu, Indonesia menjadi negara dengan penderita katarak mata terbesar se-Asia tenggara. sumber gambar : ini-itu-bacadulu.blogspot.com Pada kesempatan kali ini, kita akan sama-sama bicara singkat soal apa yang disebut dengan katarak, apa gejalanya, dan bagaimana cara menyikapinya.  Katarak mata akan menyababkan lensa mata tidak lagi bening dan tembus cahaya. Artinya, penderita katarak tidak akan dapat melihat dengan jelas, buram bahkan di sebagian kasus tidak buram, tapi, sangat keruh, sampai-sampai tidak dapat melihat sama sekali. Saat melihat, menyerupai melihat kabut. Sudah pernah membayangkan ? Sekarang, silahkan anda bayangkan. Itu bukan sesuatu yang nyaman. Penyebab katarak sen