Langsung ke konten utama

4 Cara untuk Membantu Selamatkan Bumi ini

Bumi itu tempat tinggal kita, ukuran yang sangat kecil kalau di bandingkan dengan beberapa planet lainnya. Hanya bumi yang dapat kita tinggali. Sayangnya, aneka macam yang lupa, secara sengaja atau tidak sengaja, insan mulai merusaknya. Pembalakan liar, mencemari udara, air, tanah dan sebagainya. Mulai dari diri sendiri. Ada beberapa cara mudah untuk membantu mengurangi kerusakan yang terjadi.

  • Kurangi Mengendarai Kendaraan Pribadi. Jakarta, Surabaya, Malang dan kota-kota besar lainnya rawan dengan kemacetan. Berjam-jam menunggu antrian bukan hal baru. Tapi, mari kita perhatikan, berjam-jam di tengah kemacetan benar-benar membuat kita tidak produktif. Kepulan asap knalpot masing-masing kendaraan juga akan menambah sesak bumi kita dengan karbon monoksida, salah satu polusi udara yang sering terjadi di tempat kota. Dan terang tidak baik untuk kesehatan manusia. Diantara kendaraan-kendaraan yang berjejer menunggu redanya kemacetan, tampak beberapa angkutan umum kota, dan yang lainnya ialah kendaraan pribadi manusia. Kita bisa mengandai-andai, sebuah bis kota dapat diisi sekitar 50 orang dengan panjang 13 meter dan lebar 3 meter. Dan kita juga mebayangkan sebuah kendaraan beroda empat sedan atau yang lain (mobil pribadi) punya panjang sekitar 4 meter dan lebar 1.5 meter dan kendaraan beroda empat ini bisa diisi 8 orang. Sekarang kita hitung-hitung, Dengan bis kota, kita bisa mengangkut 50 orang dan hanya menghabiskan 13 meter panjang jalan. Sedangkan dengan kendaraan pribadi 13 meter hanya dihabiskan oleh 24 orang saja, itupun kalau kendaraan beroda empat yang mereka pakai muat untuk diisi 8 orang. Bisa jadi, dengan mengurangi kendaraan pribadi di jalan raya. Kita bisa melihat jalanan yang tidak lagi sesak dengan kendaraan.
  • Hemat air, Sebagian tempat di Indonesia mempunyai air yang cukup untuk memenuhi kebutuhan masyarakat di sekitarnya. Tapi, disebagian tempat yang lain, air merupakan suatu hal yang sangat langka dan berharga. Bahkan, Di desa Balane, suatu tempat di Sulawesi Tengah, Para warga harus naik turun bukit sejauh satu kilometer untuk menerima air bersih. Bukan berarti hal yang sama tidak akan terjadi kepada kita.
  • Penghijauan di pekarangan. Pekarangan kosong di sebelah rumah bisa saja kita tanami dengan bermacam-macam tanaman biar tampak lebih hijau. Hijaunya tumbuhan menunjukan bahwa tumbuhan itu akan segera menyera CO2 yang ada disekelilingnya dan menggantinya dengan O2 yang kita butuhkan. Intensitas karbon dioksida di dunia cukup tinggi. Dan pada tahun saja, hutan dunia dikabarkan hanya bisa menyerap 40% kadar CO2 di dunia. Hutan-hutan di dunia ibarat Amazon, Hutan Indonesia, Kongo dan lain sebagiannya telah menjaga dunia sekian lama. waktu semakin bergulir, sedikit demi sedikit luas hutan dunia semakin berkurang. Terlebih lagi hutan kita, Indonesia. Menurut data Dinas Kehutanan hutan Indonesia telah rusak dan beralih fungsi. Dan dikala ini hanya tersisa 48 Juta Hektare Hutan Indonesia untuk menopang kita dan orang-orang lainnya di dunia. Penanaman pohon atau tanaman di pekarangan atau perkotaan dapat membantu mengurangi emisi CO2 di udara. Dan merupakan salah satu hal kecil yang dapat kita lakukan.
  • Buang sampah ditempatnya, Banjir, Malaria dan penyakit lainnya ialah salah satu tanggapan tumpukan sampah di perkotaan. Sebagian orang sangat suka membuang sampah di sungai dengan cara membawa satu bungkus plastik hitam besar berisi sampah-sampah yang seharian mereka keluarkan kemudian membawanya dengan sepeda motor dan sesampainya di jembatan eksklusif di lempar (ke sungai). Sebuah pemandangan yang pernah saya temui. Sampah yang dibuang pada tempatnya akan mudah dipilah-pilah mejadi sampah plastik, sampah kering, sampah berair dan lain sebaginya dan  kemudian didaur ulang. Sampai dikala ini sampah plastik masih menjadi masalah. Jika dapat kita daur ulang menjadi barang yang dapat dijual, bukankah itu hal yang sangat menguntungkan. Misalnya saja, sampah kita ubah mejadi tas, suatu ketika, saya pernah melihat program TV, program tersebut meliput sebuah kerajinan tangan dari sampah rumah tangga berupa bungkus sabun cuci. Dan akhirnya sangat menakjubkan, tidak tampak ibarat sampah yang dibuang. Selain dapat diolah, membuang sampah pada tempatnya akan menjauhkan kita dari ancaman banjir yang datang sebab tumpukan sampah di sungai-sungai.

Perbuatan kecil di atas memang tidak akan menyelamatkan bumi kita secara tepat sebab ada orang yang perduli dan ada juga yang tidak. Salah satu cara biar semuanya perduli dan mau menyelematkan bumi kita, perlu di buat peraturan yang disepakati bersama. Disitulah tugas pemerintah berada. Kerjasama masyarakat dan pejabat pembuat undang-undang memang harus di buat lebih harmonis dan bermanfaat bagi semua.

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Cara menumbuhkan rambut dan mengurangi rambut rontok

Ada sebagian orang yang sangat memperhatikan rambutnya dan menginginkan semoga rambut yang dimilikinya itu menjadi lebat, sehat dan tidak rontok. Kemudian, bagaimana cara untuk mewujudkan rambut yang sehat, lebat dan tidak rontok. Ada banyak cara untuk menciptakan hal yang demikian, Salah satunya mulai dari dilema konsumsi makanan dan minuman. Jadi, makanan yang anda makan dan minuman yang anda minum akan menghipnotis pertumbuhan rambut anda. dan berikut ini yakni zat-zat yang dapat dikonsumsi untuk rambut yang sehat. 1. Protein. Rambut dibentuk dari protein, dan kekurangan protein akan menimbulkan rambut rontok. Protein mampu di dapatkan di daging, ikan dan lain-lain (healthnews.com) 2. Vitamin. Ada beberapa vitamin yang diharapkan semoga rambut menjadi sehat. yang pertama yakni vitamin c, vitamin b, vitamin e, dan yang terakhir yakni vitamin a. kawan-kawan pembaca semuanya mampu menerima vitamin-vitamin tersebut dari sayuran dan makanan-makanan lain. 3. Zat besi. Nah, yang sa

4 Cara Menghilangkan Stress

Apa anda sedang tertekan ? Dan merasa bahwa hidup ini sangat sulit. Kita tahu apa yang sudah terjadi pada diri kita masing-masing. Stress atau merasa tertekan pasti ada pemicunya. Stress dapat menyerang siapa saja . Bahkan, setiap orang pernah mengalami stress. Fakta ini tidak bisa dipungkiri. Pengusaha, pejabat, maupun tukang ojek juga bisa stress. Sebelum kita berbicara perihal bagaimana cara menghilangkan stress, kita perlu paham apa yang disebut dengan stress. Stress yakni sebuah kondisi dimana seseorang merasa tertekan. Ada banyak Hal yang dapat menyebabkan seseorang merasa tertekan. Tumpukan peran yang ada dikantor dapat menyebabkan seseorang tertekan. Bertengkar dengan kawan, Kesulitan ekonomi atau ditinggal oleh orang yang dikasihi juga dapat menyebabkan stress. Cara mengobati stress yang paling mujarab yakni mengendalikan pikiran dan menyelesaikan masalah yang menyebabkan stress tersebut. Dan berikut ini tips-tipsnya. 1. SADARI PENYEBAB STRESS- Apa yang penyebab

3 Gejala Katarak Mata yang Harus Diperhatikan

Jika kita bicara soal penyakit katarak mata, maka kita sedang bicara penyakit mata yang paling sering menimbulkan kebutaan pada banyak saudara anda di Dunia. Banyak yang bilang, katarak akan menyerang setiap orang di masa tuanya. Katarak juga sering menyerang negara beriklim tropis. Mungkin, karena itu, Indonesia menjadi negara dengan penderita katarak mata terbesar se-Asia tenggara. sumber gambar : ini-itu-bacadulu.blogspot.com Pada kesempatan kali ini, kita akan sama-sama bicara singkat soal apa yang disebut dengan katarak, apa gejalanya, dan bagaimana cara menyikapinya.  Katarak mata akan menyababkan lensa mata tidak lagi bening dan tembus cahaya. Artinya, penderita katarak tidak akan dapat melihat dengan jelas, buram bahkan di sebagian kasus tidak buram, tapi, sangat keruh, sampai-sampai tidak dapat melihat sama sekali. Saat melihat, menyerupai melihat kabut. Sudah pernah membayangkan ? Sekarang, silahkan anda bayangkan. Itu bukan sesuatu yang nyaman. Penyebab katarak sen