Langsung ke konten utama

4 Cara untuk Membantu Selamatkan Bumi ini

Bumi itu tempat tinggal kita, ukuran yang sangat kecil kalau di bandingkan dengan beberapa planet lainnya. Hanya bumi yang dapat kita tinggali. Sayangnya, aneka macam yang lupa, secara sengaja atau tidak sengaja, insan mulai merusaknya. Pembalakan liar, mencemari udara, air, tanah dan sebagainya. Mulai dari diri sendiri. Ada beberapa cara mudah untuk membantu mengurangi kerusakan yang terjadi.

  • Kurangi Mengendarai Kendaraan Pribadi. Jakarta, Surabaya, Malang dan kota-kota besar lainnya rawan dengan kemacetan. Berjam-jam menunggu antrian bukan hal baru. Tapi, mari kita perhatikan, berjam-jam di tengah kemacetan benar-benar membuat kita tidak produktif. Kepulan asap knalpot masing-masing kendaraan juga akan menambah sesak bumi kita dengan karbon monoksida, salah satu polusi udara yang sering terjadi di tempat kota. Dan terang tidak baik untuk kesehatan manusia. Diantara kendaraan-kendaraan yang berjejer menunggu redanya kemacetan, tampak beberapa angkutan umum kota, dan yang lainnya ialah kendaraan pribadi manusia. Kita bisa mengandai-andai, sebuah bis kota dapat diisi sekitar 50 orang dengan panjang 13 meter dan lebar 3 meter. Dan kita juga mebayangkan sebuah kendaraan beroda empat sedan atau yang lain (mobil pribadi) punya panjang sekitar 4 meter dan lebar 1.5 meter dan kendaraan beroda empat ini bisa diisi 8 orang. Sekarang kita hitung-hitung, Dengan bis kota, kita bisa mengangkut 50 orang dan hanya menghabiskan 13 meter panjang jalan. Sedangkan dengan kendaraan pribadi 13 meter hanya dihabiskan oleh 24 orang saja, itupun kalau kendaraan beroda empat yang mereka pakai muat untuk diisi 8 orang. Bisa jadi, dengan mengurangi kendaraan pribadi di jalan raya. Kita bisa melihat jalanan yang tidak lagi sesak dengan kendaraan.
  • Hemat air, Sebagian tempat di Indonesia mempunyai air yang cukup untuk memenuhi kebutuhan masyarakat di sekitarnya. Tapi, disebagian tempat yang lain, air merupakan suatu hal yang sangat langka dan berharga. Bahkan, Di desa Balane, suatu tempat di Sulawesi Tengah, Para warga harus naik turun bukit sejauh satu kilometer untuk menerima air bersih. Bukan berarti hal yang sama tidak akan terjadi kepada kita.
  • Penghijauan di pekarangan. Pekarangan kosong di sebelah rumah bisa saja kita tanami dengan bermacam-macam tanaman biar tampak lebih hijau. Hijaunya tumbuhan menunjukan bahwa tumbuhan itu akan segera menyera CO2 yang ada disekelilingnya dan menggantinya dengan O2 yang kita butuhkan. Intensitas karbon dioksida di dunia cukup tinggi. Dan pada tahun saja, hutan dunia dikabarkan hanya bisa menyerap 40% kadar CO2 di dunia. Hutan-hutan di dunia ibarat Amazon, Hutan Indonesia, Kongo dan lain sebagiannya telah menjaga dunia sekian lama. waktu semakin bergulir, sedikit demi sedikit luas hutan dunia semakin berkurang. Terlebih lagi hutan kita, Indonesia. Menurut data Dinas Kehutanan hutan Indonesia telah rusak dan beralih fungsi. Dan dikala ini hanya tersisa 48 Juta Hektare Hutan Indonesia untuk menopang kita dan orang-orang lainnya di dunia. Penanaman pohon atau tanaman di pekarangan atau perkotaan dapat membantu mengurangi emisi CO2 di udara. Dan merupakan salah satu hal kecil yang dapat kita lakukan.
  • Buang sampah ditempatnya, Banjir, Malaria dan penyakit lainnya ialah salah satu tanggapan tumpukan sampah di perkotaan. Sebagian orang sangat suka membuang sampah di sungai dengan cara membawa satu bungkus plastik hitam besar berisi sampah-sampah yang seharian mereka keluarkan kemudian membawanya dengan sepeda motor dan sesampainya di jembatan eksklusif di lempar (ke sungai). Sebuah pemandangan yang pernah saya temui. Sampah yang dibuang pada tempatnya akan mudah dipilah-pilah mejadi sampah plastik, sampah kering, sampah berair dan lain sebaginya dan  kemudian didaur ulang. Sampai dikala ini sampah plastik masih menjadi masalah. Jika dapat kita daur ulang menjadi barang yang dapat dijual, bukankah itu hal yang sangat menguntungkan. Misalnya saja, sampah kita ubah mejadi tas, suatu ketika, saya pernah melihat program TV, program tersebut meliput sebuah kerajinan tangan dari sampah rumah tangga berupa bungkus sabun cuci. Dan akhirnya sangat menakjubkan, tidak tampak ibarat sampah yang dibuang. Selain dapat diolah, membuang sampah pada tempatnya akan menjauhkan kita dari ancaman banjir yang datang sebab tumpukan sampah di sungai-sungai.

Perbuatan kecil di atas memang tidak akan menyelamatkan bumi kita secara tepat sebab ada orang yang perduli dan ada juga yang tidak. Salah satu cara biar semuanya perduli dan mau menyelematkan bumi kita, perlu di buat peraturan yang disepakati bersama. Disitulah tugas pemerintah berada. Kerjasama masyarakat dan pejabat pembuat undang-undang memang harus di buat lebih harmonis dan bermanfaat bagi semua.

Komentar

Postingan populer dari blog ini

INI DIA, MANFAAT VITAMIN E UNTUK KESEHATAN TUBUH

Manfaat vitamin E untuk kesehatan tubuh. Biasanya, Vitamin E terkandung di dalam sayuran dan kacang-kacangan. Sayuran seperti, bayam, kangkung, dan sayuran hijau lainnya merupakan sumber vitamin E. Selain itu, vitamin E juga ada di macam-macam buah menyerupai pisang dan strawberry.

Sekarang, Vitamin E juga dikemas dalam bentuk suplemen. Dibungkus dalam kemasan yang rapi dan menarik. Suplemen tersebut dapat anda dapatkan di apotek terdekat.

Lalu, Berbicara soal vitamin E. Mungkin akan muncul sebuah pertanyaan. Sebenarnya, apa manfaat vitamin E bagi kesehatan tubuh. Apa yang akan terjadi jikalau kita kekurangan vitamin E. Dan Apakah kita sudah mencukupi kebutuhan vitamin E badan kita ? Nah, Langsung saja, Berikut ini yaitu Manfaat vitamin E untuk Kesehatan tubuh.

1. MENCEGAH PENYAKIT JANTUNG- Manfaat vitamin E yang pertama yaitu Mencegah Penyakit jantung. Kita perlu pahami apa penyebab penyakit jantung. Penyakit jantung ini disebabkan oleh penyempitan arteri pada pembulu darah. Teruta…

Alasan yang Menyebabkan kita Melupakan Sesuatu

APakah anda pernah lupa dimana anda meletakan kunci tadi pagi, apakah anda pernah lupa bahwa tadi siang anda ada kesepakatan dengan client, apakah anda lupa mengangkat panci dari kompor hingga air yang ada di dalam panci tersebut habis.

Semua persitiwa ini kita sebuat lupa, kita lalai dengan peristiwa tersebut. Pertanyaan yang selalu mengganjal di dalam diri saja semenjak beberapa waktu yang lalu yaitu Mengapa hal tersebut dapat terjadi ? Setelah membaca beberapa buku, berdiskusi dengan teman, dan membaca bebarapa artikel saya menerima beberapa poin, sebagai berikut,

1. KITA LUPA KARENA KITA TIDAK MENGANGAP SESUATU YANG KITA LAKUKAN ADALAH PENTING- Kita melaksanakan bermacam-macam acara secara tidak sadar. Walaupun tidak semua kita lakukan secara tidak sadar. Tapi, sebagian besar kita lakukan dengan tidak sadar. Apakah anda sadar ketika mandi, setiap hari anda menggosok episode badan dengan urutan yang sama tanpa di sadari. Saat mandi, pikiran sebagian orang tertuju pada yang lain. K…

Manusia punya tugas masing-masing

Pernahkah anda merasa sebagai seorang yang tidak ada gunanya bagi orang-orang yang ada di sekitar anda? pernahkah anda merasa menjadi seseorang yang tidak sanggup mendapatkan amanah dikala orang membutuhkan?Hal itu sudah biasa, setiap orang memiliki perannya masing-masing. Coba pikirkan kembali semua orang yang anda kenal atau orang-orang yang anda lihat. Apakah semuanya memiliki kegunaan atau menunjukkan manfaat bagi anda? Tidak akan semuanya. Ketika insan melihat orang-orang yang ada disekitarnya dan memikirkan apakah mereka semua bisa menolong saya dikala saya membutuhkan. kemungkinan besar anda akan menjawab tidak semua orang bisa menolong saya dikala saya membutuhkan. Begitu juga diri kita sendiri. Kadang-kadang seseorang tidak membutuhkan kehadiran atau eksistensi kita. Tapi, ada orang lain yang membutuhkan kita bahkan sangat membutuhkannya. Bisa jadi anda yaitu seorang pria yang sangat dirindu oleh istri dirumah. Bisa jadi anda yaitu seorang anak yang sangat dirindu oleh orang …