Langsung ke konten utama

Ini 3 Cara untuk Mengetahui Kondisi Gizi pada Bayi

 apakah si bayi sudah mendapat asupan gizi yang cukup Ini 3 Cara untuk Mengetahui Kondisi Gizi pada Bayi
Sumber Gambar : ThinkStock
Saat melihat buah hati, apakah anda bingung, bertanya-tanya, apakah si bayi sudah mendapat asupan gizi yang cukup. Bagaimana cara mengetahui kondisi gizi pada bayi ?

Untuk mengetahui kondisi gizi pada bayi, ada beberapa aspek yang perlu diperhatikan. Salah satunya, berat badan. Ternyata, ada sebuah takaran yang sudah tentukan para ahli. Kenaikan tubuh setiap bulannya dan makanan apa saja yang cocok untuk bayi sesuai dengan usia. OK, mari kita baca ulasannya.

3 Cara mengetahui Kondisi Gizi pada Bayi
Ada beberapa cara yang dapat kita lakukan untuk mengetahui, apakah si bayi sudah dapat asupan gizi atau belum, berikut ini ulasannya

1. Mengamati Pertumbuhan Berat si Bayi

Di dalam sebuah seminar di IDAI, Jakarta Pusat, dr. Sri menjelaskan beberapa ciri bayi yang gizinya cukup. Pada tiga bulan pertama, bayi dapat tumbuh 750-1000 gram per bulan. Kemudian pada 3 bulan berikutnya, bayi diharapkan tumbuh 600 gram perbulan.

2. Perhatikan Urinnya dan BAB-nya

Bayi yang sehat akan lebih sering pipis (mengeluarkan urin) dan lebih sering BAB. Kira-kira, bayi mengeluarkan urine 6-8 kali setiap hari. Biasanya, Warna urinenya kekuning-kuningan, dan Kotorannya berupa gumpalan-gumpalan.

3. Perhatikan Bagaimana Dia Menyusu dan Tidur

Salah satu tanda anak yang sehat yaitu sering mengkonsumsi ASI. Si Bayi akan sering minta ASI. Tidak ada yang dapat menggantikan posisi ASI, sekalipun, Susu Khusus Bayi. Di usia yang masih sangat dini, ASI tetap sangat diperlukan.

Ciri lain, si bayi juga tidur dengan nyenyak, selain itu, matanya cerah dan rambutnya berkilau. Itu ciri-ciri bayi sehat.

Bagaimana Jika si Bayi Tampak Kurang Gizi ? Apa yang harus dilakukan ?
Hanya satu kata, Tambahkan Gizi-nya. Berikan gizi sesuai usia, 6 bulan awal, ASI harus dicukupi, setelah itu, berikan Makanan Pendamping ASI.

Komentar

Postingan populer dari blog ini

INI DIA, MANFAAT VITAMIN E UNTUK KESEHATAN TUBUH

Manfaat vitamin E untuk kesehatan tubuh. Biasanya, Vitamin E terkandung di dalam sayuran dan kacang-kacangan. Sayuran seperti, bayam, kangkung, dan sayuran hijau lainnya merupakan sumber vitamin E. Selain itu, vitamin E juga ada di macam-macam buah menyerupai pisang dan strawberry.

Sekarang, Vitamin E juga dikemas dalam bentuk suplemen. Dibungkus dalam kemasan yang rapi dan menarik. Suplemen tersebut dapat anda dapatkan di apotek terdekat.

Lalu, Berbicara soal vitamin E. Mungkin akan muncul sebuah pertanyaan. Sebenarnya, apa manfaat vitamin E bagi kesehatan tubuh. Apa yang akan terjadi jikalau kita kekurangan vitamin E. Dan Apakah kita sudah mencukupi kebutuhan vitamin E badan kita ? Nah, Langsung saja, Berikut ini yaitu Manfaat vitamin E untuk Kesehatan tubuh.

1. MENCEGAH PENYAKIT JANTUNG- Manfaat vitamin E yang pertama yaitu Mencegah Penyakit jantung. Kita perlu pahami apa penyebab penyakit jantung. Penyakit jantung ini disebabkan oleh penyempitan arteri pada pembulu darah. Teruta…

Alasan yang Menyebabkan kita Melupakan Sesuatu

APakah anda pernah lupa dimana anda meletakan kunci tadi pagi, apakah anda pernah lupa bahwa tadi siang anda ada kesepakatan dengan client, apakah anda lupa mengangkat panci dari kompor hingga air yang ada di dalam panci tersebut habis.

Semua persitiwa ini kita sebuat lupa, kita lalai dengan peristiwa tersebut. Pertanyaan yang selalu mengganjal di dalam diri saja semenjak beberapa waktu yang lalu yaitu Mengapa hal tersebut dapat terjadi ? Setelah membaca beberapa buku, berdiskusi dengan teman, dan membaca bebarapa artikel saya menerima beberapa poin, sebagai berikut,

1. KITA LUPA KARENA KITA TIDAK MENGANGAP SESUATU YANG KITA LAKUKAN ADALAH PENTING- Kita melaksanakan bermacam-macam acara secara tidak sadar. Walaupun tidak semua kita lakukan secara tidak sadar. Tapi, sebagian besar kita lakukan dengan tidak sadar. Apakah anda sadar ketika mandi, setiap hari anda menggosok episode badan dengan urutan yang sama tanpa di sadari. Saat mandi, pikiran sebagian orang tertuju pada yang lain. K…

Manusia punya tugas masing-masing

Pernahkah anda merasa sebagai seorang yang tidak ada gunanya bagi orang-orang yang ada di sekitar anda? pernahkah anda merasa menjadi seseorang yang tidak sanggup mendapatkan amanah dikala orang membutuhkan?Hal itu sudah biasa, setiap orang memiliki perannya masing-masing. Coba pikirkan kembali semua orang yang anda kenal atau orang-orang yang anda lihat. Apakah semuanya memiliki kegunaan atau menunjukkan manfaat bagi anda? Tidak akan semuanya. Ketika insan melihat orang-orang yang ada disekitarnya dan memikirkan apakah mereka semua bisa menolong saya dikala saya membutuhkan. kemungkinan besar anda akan menjawab tidak semua orang bisa menolong saya dikala saya membutuhkan. Begitu juga diri kita sendiri. Kadang-kadang seseorang tidak membutuhkan kehadiran atau eksistensi kita. Tapi, ada orang lain yang membutuhkan kita bahkan sangat membutuhkannya. Bisa jadi anda yaitu seorang pria yang sangat dirindu oleh istri dirumah. Bisa jadi anda yaitu seorang anak yang sangat dirindu oleh orang …