Langsung ke konten utama

Macam-Macam Penyakit mata yang Menular dan Cara Mengobatinya

Penyakit mata banyak sekali macamnya, ada yang menular, ada yang tidak menular. Selain itu, ada penyakit mata yang diturunkan ada juga yang tidak diturunkan. Penyakit mata yang menular disebabkan oleh virus atau bakteri. Berbeda dengan penyakit mata yang tidak menular, biasanya disebabkan oleh alergi atau turunan, bukan karena virus dan bakteri.
yang diturunkan ada juga yang tidak diturunkan Macam-Macam Penyakit mata yang Menular dan Cara Mengobatinya
Sumber gambar : www.spar.co.uk

Penanganan jenis penyakit yang menular dengan tidak menular berbeda satu sama lain. Menurut anda bagaimana ? Saya pikir kita perlu 'mengasingkan' orang yang terserang penyakit mata yang menular. Jika beliau seorang siswa, kemungkinan beser beliau akan menulari kawan-kawannya. Untuk itu, mari kita kenali lebih jauh lagi macam-macam penyakit mata yang menular ini :

Macam-macam Penyakit Mata yang Menular

Penyakit mata yang menular disebabkan oleh virus dan bakteri. Virus dan kuman ini akan menyebar melalui banyak sekali media. Media yang digunakan mampu apa saja. Tangan yang telah memegang mata, handuk, dan lain-lain. Berikut ini macam-macam penyakit mata yang menular.

1. Konjungtivitis

Konjungtivitis yaitu penyakit mata yang disebabkan oleh bakteri atau virus. Keduanya punya potensi untuk menginfeksi mata. Gejala yang muncul pada penderita konjungtivitis adalah mata merah, mata gatal, terasa kering, kadang kala basah dan mengeluarkan kotoran berwarna putih. Konjungtivitis ini sangat mudah menyebar. Hasilnya, jikalau ada satu orang yang terjangkiti, maka orang-orang yang ada disekitarnya juga akan terjangkiti. Mudah menyebar dari mata yang sakit ke mata yang tidak sakit.

Penderita penyakit mata ini yaitu siapa saja. Orang cukup umur dan bawah umur dapat diserang. Jika anda sudah terlanjur menderita konjungtivitis, ada beberapa hal yang dapat dilakukan untuk menyembuhkannya.
Pertama yaitu kompres mata dengan air hangat. Dan kemudian, obati dengan salep atau tetes mata yang disarankan dokter.

Penyakit ini sangat mudah menyebar. Ada upaya untuk mencegahnya. Jika di antara kawan anda belum ada yang tertular, upaya pencegahannya yaitu :

  • Jika menggunakan softlens. Gunakan softlens dengan benar. Gunakan softlens yang bersih dan ikuti aturan penggunaannya. 
  • Jaga kebersihan lingkungan
Jika sudah ada kawan, teman atau orang yang disekitar anda yang terinfeksi, maka ada beberapa hal yang harus dilakukan semoga tidak tertular 
  • Tidak menggunakan handuk yang sama dengan si penderita.
  • Mencuci tangan setelah menyentuh mata mereka.
  • 'Mengasingkan' si penderita di dalam rumah hingga beliau sembuh dan mengobatinya
Ini merupakan langkah yang dapat kita lakukan. Sebagai upaya pencegahan.

2. Trakoma 

Trakoma yaitu penyakit mata ini yang disebabkan oleh Chlamydia Trachomatis. Penyakit trakoma ini disebabkan oleh lingkungan yang kotor dan sanitasi yang buruk. Penyakit mata ini sering menyerang anak-anak. Gejala yang ditampakan yaitu mata merah, mata mengeluarkan kotoran, kelopak mata membengkak dan kornea keruh.  Trakoma ini dapat diobati dengan salep mata (obat untuk trakoma). Cara pencegahannya sama dengan Konjungtivitis karena sama-sama penyakit amta yang menular.

Itu dia, macam-macam penyakit mata yang menular. Hanya terdiri dari dua macam. Tapi jikalau dibandingkan dengan penyakit mata yang disebabkan oleh alergi, gejalanya hampir sama. Misalnya, Dakrosistitis. Dakrosistitis disebabkan oleh alergi. Gejalanya, Mata merah, kelopak mata bengkak, terasa nyeri, dapat mengeluarkan nanah dan demam. Bedanya hanya ada pada demam dan mengeluarkan nanah dari mata.

Satu lagi, penyakit mata ini harus diobati, jikalau dibiarkan berlarut-larut akan mengundang duduk perkara mata lainnya. Jadi, segera diobati.

Sekian dulu :)
Terimakasih atas kunjungannya :)

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Macam macam Penyakit Mata Turunan

Bicara soal mata, itu berarti, kita sedang bicara aset besar kita. Kita membaca menggunakan mata, melihat menggunakan mata. Intinya, ini sangat penting. Penting untuk anda dan belum dewasa anda. Mengapa ? Ada sebagian penyakit mata yang sifatnya menurun, atau dipengaruhi faktor genetik.

Mengenali gejala penyakit mata yang timbul pada anak ialah penting. Jika anda terlambat mengenali dan tidak mengambil tindakan, karenanya akan fatal, resiko kehilangan pengelihatan sangat besar.

Untuk mengenali penyakit-penyakit mata yang sifatnya turunan ini, kami telah menyajikan info seputar, jenis penyakitnya, gejalanya, dan tindakan yang harus segara dilaksanakan. Kawan pembaca sekalian mungkin mempunyai info atau pengalaman lain. Jika iya, kami sangat senang mampu menyebarkan dengan anda di sini. :)

Macam-macam Penyakit Mata turunan  Di bawah ini ada 4 macam penyakit turunan. keempatnya bukan penyakit mata yang bagus. Dua diantara keempatnya ialah penyakit mata yang berbahaya dan yang satusangat …

Manusia punya tugas masing-masing

Pernahkah anda merasa sebagai seorang yang tidak ada gunanya bagi orang-orang yang ada di sekitar anda? pernahkah anda merasa menjadi seseorang yang tidak sanggup mendapatkan amanah dikala orang membutuhkan?Hal itu sudah biasa, setiap orang memiliki perannya masing-masing. Coba pikirkan kembali semua orang yang anda kenal atau orang-orang yang anda lihat. Apakah semuanya memiliki kegunaan atau menunjukkan manfaat bagi anda? Tidak akan semuanya. Ketika insan melihat orang-orang yang ada disekitarnya dan memikirkan apakah mereka semua bisa menolong saya dikala saya membutuhkan. kemungkinan besar anda akan menjawab tidak semua orang bisa menolong saya dikala saya membutuhkan. Begitu juga diri kita sendiri. Kadang-kadang seseorang tidak membutuhkan kehadiran atau eksistensi kita. Tapi, ada orang lain yang membutuhkan kita bahkan sangat membutuhkannya. Bisa jadi anda yaitu seorang pria yang sangat dirindu oleh istri dirumah. Bisa jadi anda yaitu seorang anak yang sangat dirindu oleh orang …

INI DIA, MANFAAT VITAMIN E UNTUK KESEHATAN TUBUH

Manfaat vitamin E untuk kesehatan tubuh. Biasanya, Vitamin E terkandung di dalam sayuran dan kacang-kacangan. Sayuran seperti, bayam, kangkung, dan sayuran hijau lainnya merupakan sumber vitamin E. Selain itu, vitamin E juga ada di macam-macam buah menyerupai pisang dan strawberry.

Sekarang, Vitamin E juga dikemas dalam bentuk suplemen. Dibungkus dalam kemasan yang rapi dan menarik. Suplemen tersebut dapat anda dapatkan di apotek terdekat.

Lalu, Berbicara soal vitamin E. Mungkin akan muncul sebuah pertanyaan. Sebenarnya, apa manfaat vitamin E bagi kesehatan tubuh. Apa yang akan terjadi jikalau kita kekurangan vitamin E. Dan Apakah kita sudah mencukupi kebutuhan vitamin E badan kita ? Nah, Langsung saja, Berikut ini yaitu Manfaat vitamin E untuk Kesehatan tubuh.

1. MENCEGAH PENYAKIT JANTUNG- Manfaat vitamin E yang pertama yaitu Mencegah Penyakit jantung. Kita perlu pahami apa penyebab penyakit jantung. Penyakit jantung ini disebabkan oleh penyempitan arteri pada pembulu darah. Teruta…