Langsung ke konten utama

Macam-Macam Penyakit mata yang Menular dan Cara Mengobatinya

Penyakit mata banyak sekali macamnya, ada yang menular, ada yang tidak menular. Selain itu, ada penyakit mata yang diturunkan ada juga yang tidak diturunkan. Penyakit mata yang menular disebabkan oleh virus atau bakteri. Berbeda dengan penyakit mata yang tidak menular, biasanya disebabkan oleh alergi atau turunan, bukan karena virus dan bakteri.
yang diturunkan ada juga yang tidak diturunkan Macam-Macam Penyakit mata yang Menular dan Cara Mengobatinya
Sumber gambar : www.spar.co.uk

Penanganan jenis penyakit yang menular dengan tidak menular berbeda satu sama lain. Menurut anda bagaimana ? Saya pikir kita perlu 'mengasingkan' orang yang terserang penyakit mata yang menular. Jika beliau seorang siswa, kemungkinan beser beliau akan menulari kawan-kawannya. Untuk itu, mari kita kenali lebih jauh lagi macam-macam penyakit mata yang menular ini :

Macam-macam Penyakit Mata yang Menular

Penyakit mata yang menular disebabkan oleh virus dan bakteri. Virus dan kuman ini akan menyebar melalui banyak sekali media. Media yang digunakan mampu apa saja. Tangan yang telah memegang mata, handuk, dan lain-lain. Berikut ini macam-macam penyakit mata yang menular.

1. Konjungtivitis

Konjungtivitis yaitu penyakit mata yang disebabkan oleh bakteri atau virus. Keduanya punya potensi untuk menginfeksi mata. Gejala yang muncul pada penderita konjungtivitis adalah mata merah, mata gatal, terasa kering, kadang kala basah dan mengeluarkan kotoran berwarna putih. Konjungtivitis ini sangat mudah menyebar. Hasilnya, jikalau ada satu orang yang terjangkiti, maka orang-orang yang ada disekitarnya juga akan terjangkiti. Mudah menyebar dari mata yang sakit ke mata yang tidak sakit.

Penderita penyakit mata ini yaitu siapa saja. Orang cukup umur dan bawah umur dapat diserang. Jika anda sudah terlanjur menderita konjungtivitis, ada beberapa hal yang dapat dilakukan untuk menyembuhkannya.
Pertama yaitu kompres mata dengan air hangat. Dan kemudian, obati dengan salep atau tetes mata yang disarankan dokter.

Penyakit ini sangat mudah menyebar. Ada upaya untuk mencegahnya. Jika di antara kawan anda belum ada yang tertular, upaya pencegahannya yaitu :

  • Jika menggunakan softlens. Gunakan softlens dengan benar. Gunakan softlens yang bersih dan ikuti aturan penggunaannya. 
  • Jaga kebersihan lingkungan
Jika sudah ada kawan, teman atau orang yang disekitar anda yang terinfeksi, maka ada beberapa hal yang harus dilakukan semoga tidak tertular 
  • Tidak menggunakan handuk yang sama dengan si penderita.
  • Mencuci tangan setelah menyentuh mata mereka.
  • 'Mengasingkan' si penderita di dalam rumah hingga beliau sembuh dan mengobatinya
Ini merupakan langkah yang dapat kita lakukan. Sebagai upaya pencegahan.

2. Trakoma 

Trakoma yaitu penyakit mata ini yang disebabkan oleh Chlamydia Trachomatis. Penyakit trakoma ini disebabkan oleh lingkungan yang kotor dan sanitasi yang buruk. Penyakit mata ini sering menyerang anak-anak. Gejala yang ditampakan yaitu mata merah, mata mengeluarkan kotoran, kelopak mata membengkak dan kornea keruh.  Trakoma ini dapat diobati dengan salep mata (obat untuk trakoma). Cara pencegahannya sama dengan Konjungtivitis karena sama-sama penyakit amta yang menular.

Itu dia, macam-macam penyakit mata yang menular. Hanya terdiri dari dua macam. Tapi jikalau dibandingkan dengan penyakit mata yang disebabkan oleh alergi, gejalanya hampir sama. Misalnya, Dakrosistitis. Dakrosistitis disebabkan oleh alergi. Gejalanya, Mata merah, kelopak mata bengkak, terasa nyeri, dapat mengeluarkan nanah dan demam. Bedanya hanya ada pada demam dan mengeluarkan nanah dari mata.

Satu lagi, penyakit mata ini harus diobati, jikalau dibiarkan berlarut-larut akan mengundang duduk perkara mata lainnya. Jadi, segera diobati.

Sekian dulu :)
Terimakasih atas kunjungannya :)

Komentar

Postingan populer dari blog ini

3 Gejala Katarak Mata yang Harus Diperhatikan

Jika kita bicara soal penyakit katarak mata, maka kita sedang bicara penyakit mata yang paling sering menimbulkan kebutaan pada banyak saudara anda di Dunia. Banyak yang bilang, katarak akan menyerang setiap orang di masa tuanya. Katarak juga sering menyerang negara beriklim tropis. Mungkin, karena itu, Indonesia menjadi negara dengan penderita katarak mata terbesar se-Asia tenggara. sumber gambar : ini-itu-bacadulu.blogspot.com Pada kesempatan kali ini, kita akan sama-sama bicara singkat soal apa yang disebut dengan katarak, apa gejalanya, dan bagaimana cara menyikapinya.  Katarak mata akan menyababkan lensa mata tidak lagi bening dan tembus cahaya. Artinya, penderita katarak tidak akan dapat melihat dengan jelas, buram bahkan di sebagian kasus tidak buram, tapi, sangat keruh, sampai-sampai tidak dapat melihat sama sekali. Saat melihat, menyerupai melihat kabut. Sudah pernah membayangkan ? Sekarang, silahkan anda bayangkan. Itu bukan sesuatu yang nyaman. Penyebab katarak sen

Sarapan Dapat Mencerdaskan otak anda ?

Apa bener ? Bisa jadi benar alasannya ada beberapa penelitian yang meyatakan bahwa sarapan akan membawa perubahan baik pada otak sehingga otak jadi lebih cerdas. Otak akan berkembangan dengan baik kalau memperoleh asupan nutrisi yang cukup. Tahun lalu, peneliti dari Universitas Tokohu, Sendai, Jepang membuktikkan bahwa sarapan pagi menunjang perkembangan otak, khususnya bagian-bagian otak yang penting untuk menunjang performa belajar. Perkembangan itu terekam melalui metode pencitraan otak. Sarapan pagi meningkatkn volume materi abu-abu (gray matter) sel-sel neuron pada bagian-bagian otak yang terlibat dalam fungsi-fungsi kognitif. Jika materi abu-abu itu semakin menebal, maka sel-sel neuron akan dapat berkomunikasi dan mengantarkan serta mengelola isu dengan baik. Dan, kecepatan itu akan sangat baik dalam menunjang kinerja memori aktif yang berperan penting dalam tugas-tugas kognitif yang rumit semacam matematika. (edukasi.kompasnia.com). Selain itu ada beberapa penilitan yang menyeb

Cara menumbuhkan rambut dan mengurangi rambut rontok

Ada sebagian orang yang sangat memperhatikan rambutnya dan menginginkan semoga rambut yang dimilikinya itu menjadi lebat, sehat dan tidak rontok. Kemudian, bagaimana cara untuk mewujudkan rambut yang sehat, lebat dan tidak rontok. Ada banyak cara untuk menciptakan hal yang demikian, Salah satunya mulai dari dilema konsumsi makanan dan minuman. Jadi, makanan yang anda makan dan minuman yang anda minum akan menghipnotis pertumbuhan rambut anda. dan berikut ini yakni zat-zat yang dapat dikonsumsi untuk rambut yang sehat. 1. Protein. Rambut dibentuk dari protein, dan kekurangan protein akan menimbulkan rambut rontok. Protein mampu di dapatkan di daging, ikan dan lain-lain (healthnews.com) 2. Vitamin. Ada beberapa vitamin yang diharapkan semoga rambut menjadi sehat. yang pertama yakni vitamin c, vitamin b, vitamin e, dan yang terakhir yakni vitamin a. kawan-kawan pembaca semuanya mampu menerima vitamin-vitamin tersebut dari sayuran dan makanan-makanan lain. 3. Zat besi. Nah, yang sa