Langsung ke konten utama

Tips Menjaga Kesehatan Mata

 bagaimana rasanya kehilangan pengelihatan Tips Menjaga Kesehatan Mata
http://www.fuelyourphotography.com/files/eye.jpg
Kawan,  Pernahkah anda membayangkan, bagaimana rasanya kehilangan pengelihatan. kita pasti tidak mau kan ?

Mata kita ini sangat luar biasa. Sebuah sistem yang tersusun sangat rapi. Saat anda membaca goresan pena ini, secara otomatis, organ yang ada di dalam mata menyerupai retina, lensa, pupil dan 37 organ penting lainnya bekerja untuk menghasilkan sebuah gambar goresan pena di pikiran anda dengan proses yang sangat cepat.

Tapi, disamping itu semua, mata merupakan salah satu adegan dari insan yang mudah diserang penyakit. Penyakit yang menyerang bermacam-macam. Ada yang menular, turunan, ada yang tidak menular. Faktor penyebabnyapun bermacam-macam, ada yang disebabkan oleh virus, ada yang disebabkan oleh bakteri, ada yang disebabkan oleh kelainan, dan ada juga yang disebabkan faktor genetik alias keturunan.

Yang menarik yaitu alasan kenapa kita perlu memperhatikan mata kita saat masih sehat menyerupai biasa. Secara tidak sadar, beberapa kebiasaan insan dapat merusak mata kita. Kebiasaan apa saja yang dapat merusak mata ? Kawan semua bisa baca Artikel Kebiasaan Manusia yang dapat merusak mata.

Dan mata kita dapat menurun kemampuan pengelihatannya dikarenakan usia. penurunan kemampuan pengelihatan ini dipengaruhi beberapa faktor, bukan hanya usia. Maka dari itu, penting untuk menjaga kesehatan mata semenjak usia dini, biar tak menyesal dihari nanti.


Dan sekarang, bagaimana cara untuk menjaga kesehatan mata ?
Berikut ini yaitu jawabannya,
  1. Konsumsi vitamin A, Ini esensial, penting bagi, orang-orang yang ingin matanya tetap sehat. Vitamin A yang dikonsumsi akan membantu proses metabolisme sel yang ada pada adegan luar retina. Dan jikalau kekurangan asupan vitamin A, Bola mata akan menjadi kering dan kornea mengeras. Kondisi ini disebut dengan Xeroftalmia dan penderitanya terancam kehilangan pengelihatannya. Maka dari itu, cukupi asupan vitamin A yang bisa didapatkan di dalam buah, sayuran, atau dengan mengkonsumsi perhiasan yang dijual di toko-toko terdekat. 
  2. Tidak berada di depan motitor dalam waktu yang lama, Seperti yang telah disebutkan di artikel Kebiasaan Manusia yang dapat merusak mata, Aktivitas yang demikian dapat merusak mata, dan sebaiknya berada dilalyar monitor sekedarnya dan menggunakan tips-tips berikut ini. Tips Menggunakan Layar Monitor dengan Sehat.
  3. Berolahraga, Seperti yang dilansir dehebra,  Berolahraga akan mengurangi ketegangan pada mata. Mengurangi ketegangan pada mata juga berarti mengurangi resiko glaukoma. Bukan hanya baik untuk mata. Tapi, olahraga itu memang kebutuhan. orang yang kurang olahraga akan mudah terserang penyakit. Sedikit pengalaman, dulu, saya agak jarang mengalami sakit kepala, kadang kala migrain. Sedangkan sekarang, sangat sering. perbedaan dulu dengan sekarang yaitu dulu saya berolah raga rutin hampir setiap hari sedangkan, sekarang, sangat jarang berolahraga. Solusi saya, paling tidak saya harus futsal dengan kawan-kawan satu munggu sekali. Jadi, luangkan sedikit waktu anda untuk berolahraga karena bukan hanya untuk kesehatan mata tapi, untuk kesehatan semua anggota badan.
  4. Menghindari kegiatan yang dapat merusak mata, Apa saja kegiatan yang dapat merusak mata ? Anda bisa membaca artikel yang berjudul Kebiasaan yang dapat merusak mata.
Mata memang organ yang sangat sensitif, mudah sekali diserang penyakit. Jadi, jikalau ingin pengelihatan kita baik hingga usia senja, mari, kita rawat mulai dari sekarang.

Demikian tadi beberapa hal yang dapat dilakukan untuk menjaga kesehatan mata kita.

Terima kasih atas kunjungan anda
semoga bermanfaat bagi semua

Komentar

Postingan populer dari blog ini

3 Gejala Katarak Mata yang Harus Diperhatikan

Jika kita bicara soal penyakit katarak mata, maka kita sedang bicara penyakit mata yang paling sering menimbulkan kebutaan pada banyak saudara anda di Dunia. Banyak yang bilang, katarak akan menyerang setiap orang di masa tuanya. Katarak juga sering menyerang negara beriklim tropis. Mungkin, karena itu, Indonesia menjadi negara dengan penderita katarak mata terbesar se-Asia tenggara. sumber gambar : ini-itu-bacadulu.blogspot.com Pada kesempatan kali ini, kita akan sama-sama bicara singkat soal apa yang disebut dengan katarak, apa gejalanya, dan bagaimana cara menyikapinya.  Katarak mata akan menyababkan lensa mata tidak lagi bening dan tembus cahaya. Artinya, penderita katarak tidak akan dapat melihat dengan jelas, buram bahkan di sebagian kasus tidak buram, tapi, sangat keruh, sampai-sampai tidak dapat melihat sama sekali. Saat melihat, menyerupai melihat kabut. Sudah pernah membayangkan ? Sekarang, silahkan anda bayangkan. Itu bukan sesuatu yang nyaman. Penyebab katarak sen

Sarapan Dapat Mencerdaskan otak anda ?

Apa bener ? Bisa jadi benar alasannya ada beberapa penelitian yang meyatakan bahwa sarapan akan membawa perubahan baik pada otak sehingga otak jadi lebih cerdas. Otak akan berkembangan dengan baik kalau memperoleh asupan nutrisi yang cukup. Tahun lalu, peneliti dari Universitas Tokohu, Sendai, Jepang membuktikkan bahwa sarapan pagi menunjang perkembangan otak, khususnya bagian-bagian otak yang penting untuk menunjang performa belajar. Perkembangan itu terekam melalui metode pencitraan otak. Sarapan pagi meningkatkn volume materi abu-abu (gray matter) sel-sel neuron pada bagian-bagian otak yang terlibat dalam fungsi-fungsi kognitif. Jika materi abu-abu itu semakin menebal, maka sel-sel neuron akan dapat berkomunikasi dan mengantarkan serta mengelola isu dengan baik. Dan, kecepatan itu akan sangat baik dalam menunjang kinerja memori aktif yang berperan penting dalam tugas-tugas kognitif yang rumit semacam matematika. (edukasi.kompasnia.com). Selain itu ada beberapa penilitan yang menyeb

Cara menumbuhkan rambut dan mengurangi rambut rontok

Ada sebagian orang yang sangat memperhatikan rambutnya dan menginginkan semoga rambut yang dimilikinya itu menjadi lebat, sehat dan tidak rontok. Kemudian, bagaimana cara untuk mewujudkan rambut yang sehat, lebat dan tidak rontok. Ada banyak cara untuk menciptakan hal yang demikian, Salah satunya mulai dari dilema konsumsi makanan dan minuman. Jadi, makanan yang anda makan dan minuman yang anda minum akan menghipnotis pertumbuhan rambut anda. dan berikut ini yakni zat-zat yang dapat dikonsumsi untuk rambut yang sehat. 1. Protein. Rambut dibentuk dari protein, dan kekurangan protein akan menimbulkan rambut rontok. Protein mampu di dapatkan di daging, ikan dan lain-lain (healthnews.com) 2. Vitamin. Ada beberapa vitamin yang diharapkan semoga rambut menjadi sehat. yang pertama yakni vitamin c, vitamin b, vitamin e, dan yang terakhir yakni vitamin a. kawan-kawan pembaca semuanya mampu menerima vitamin-vitamin tersebut dari sayuran dan makanan-makanan lain. 3. Zat besi. Nah, yang sa