Langsung ke konten utama

Darimana Keterampilan Berasal ?

Kita mengenal bintang sepak bola menyerupai Ronaldo, Messi, Roney dan lain sebagainya. Aksi mereka di lapangan hijau tidak perlu ditanyakan lagi, sangat luar biasa. Kemudian, kita juga bisa melihat Tiger Wood, pegolf yang sudah mendapat penghargaan tingkat dunia di masa yang masih muda. Bukankah hal ini sangat luar biasa. dan kitapun ingin dan sangat ingin bisa menjadi orang berprestasi dan menjadi orang yang sangat jago Atau expert dan punya keterampilan di bidang yang kita minati. Dan pertanyaannya dari mana keterampilan mereka berasal ? Dari motivasikah ? Atau dari yang lainnya ? Darimana ?

Bahasa Arab Orang Arab vs. Bahasa Arab Orang Indonesia

Sekarang tebak, mana yang lebih mahir berbahasa arab, orang indonesia atau orang Arab. Mungkin ada yang bilang, Orang arab lah, ngapain sih nanyain problem gak penting. Ya, memang bahasa arab orang arab itu lebih baik dari sebagian besar bahasa arab orang Indonesia dan ini sangat penting kita amati. Sekarang Coba tebak, apakah orang-orang arab punya motivasi tinggi untuk mencar ilmu bahasa arab ? Tentu, tidak kan. Mereka dapat berbahasa arab dengan baik sebab lingkungan mereka, tetangga, dan orang-orang yang ada di sekeliling mereka menggunakan bahasa arab. Kitapun demikian, kita bisa bahasa Indonesia sebab kita berada di lingkungan bahasa Indonesia dan biasa menggunakan bahasa Indonesia. Jadi, Apakah motivasi merupakan hal yang sangat diharapkan untuk memiliki sebuah keterampilan ? Tidak, motivasi, tidak memiliki tugas penting di dalam pembentukan keterampilan. Tapi, motivasi juga akan memiliki kegunaan nantinya. Lalu, Apa hal yang paling penting ketika aku menginginkan sebuah keterampilan ?

Belajar Beladiri Karate

Ada seorang anak ingin menjadi Karateka. Dia membaca sebuah selebaran yang bertuliskan. “Belajar karate gratis 30 hari berturut-turut”. Si anak ini sangat senang dan pribadi mendatangi kawasan yang dimaksud. sesampainya di kawasan tersebut tersebut kemudian mendaftar, besoknya beliau kembali untuk mengikuti pelajaran karate.
Nah, sekarang saatnya mencar ilmu karate, sampainya di sana. Si pengajar berkata “Anak-anak sekarang kita akan mencar ilmu teknik pukulan dulu, caranya letakkan tangan di pinggang, dengan posisi episode putih di atas, bla, bla, …” Selama, 2 jam pak guru berbicara soal teknik pukulan, tidak meminta para murid untuk mempraktekannya sama sekali, hari berikutnya mereka mencar ilmu teknik tendangan dengan cara yang sama, hari ketiga, keempat, kelima dan seterusnya hingga dengan hari ketigapuluh juga sama. Pertanyaannya, apakah setelah 30 hari mereka bisa menggunakan jurus-jurus karate untuk melawan orang yang mengganggunya ? Tentu tidak mereka akan berakal menjelaskan teknik-teknik karate tapi, tidak bisa mampu mempraktekannya.
Jadi, kita akan menjadi satria karate yang hebat jikalau kita berlatih menggunakan semua anggota badan kita, praktek dan praktek, bukannya mencar ilmu perihal teori-teorinya saja. Jika kita hanya mencar ilmu teori saja, maka kita akan mejadi orang yang berakal dalam teori beladiri karate. Jadi, Apa kunci memiliki sebuah keterampilan ? Praktek jawabannya. Jika anda ingin terampil memperbaiki sepeda motor, maka kita harus berlatih memperbaiki sepeda motor. Jika kita ingin jadi atlit renang, maka kita harus berlatih dan praktek berenang. Kuncinya yaitu Praktek.

Apa  yang Menyebabkan orang menjadi Expert

Di awal artikel ini muncul nama-nama populer menyerupai Ronaldo, Messi, Tiger Wood, dan lain sebagainya. Kenapa mereka menjadi sangat jago di bidangnya sedangkan yang lain tidak. Mengapa orang arab punya bahasa arab yang sangat fasih bila dibandingan dengan orang Indonesia yang tidak mencar ilmu bahasa arab ?
Kuncinya ada di Pengulangan. Semakin banyak anda mengulang-ulang keterampilan anda, maka anda akan menjadi semakin ahli. Jadi, diulang-ulang. itulah kunci menjadi expert. Para pakar bilang kita butuh 10.000 jam supaya menjadi seorang yang expert di bidangnya atau 3 jam per hari selama 10 tahun. Nah, itulah kunci menerima sebuah ketarampilan, praktek yang diulang-ulang.

Hanya dua kuncinya

Sekali lagi, hanya dua kuncinya praktek dan diulang-ulang.

Komentar

Postingan populer dari blog ini

3 Gejala Katarak Mata yang Harus Diperhatikan

Jika kita bicara soal penyakit katarak mata, maka kita sedang bicara penyakit mata yang paling sering menimbulkan kebutaan pada banyak saudara anda di Dunia. Banyak yang bilang, katarak akan menyerang setiap orang di masa tuanya. Katarak juga sering menyerang negara beriklim tropis. Mungkin, karena itu, Indonesia menjadi negara dengan penderita katarak mata terbesar se-Asia tenggara. sumber gambar : ini-itu-bacadulu.blogspot.com Pada kesempatan kali ini, kita akan sama-sama bicara singkat soal apa yang disebut dengan katarak, apa gejalanya, dan bagaimana cara menyikapinya.  Katarak mata akan menyababkan lensa mata tidak lagi bening dan tembus cahaya. Artinya, penderita katarak tidak akan dapat melihat dengan jelas, buram bahkan di sebagian kasus tidak buram, tapi, sangat keruh, sampai-sampai tidak dapat melihat sama sekali. Saat melihat, menyerupai melihat kabut. Sudah pernah membayangkan ? Sekarang, silahkan anda bayangkan. Itu bukan sesuatu yang nyaman. Penyebab katarak sen

Sarapan Dapat Mencerdaskan otak anda ?

Apa bener ? Bisa jadi benar alasannya ada beberapa penelitian yang meyatakan bahwa sarapan akan membawa perubahan baik pada otak sehingga otak jadi lebih cerdas. Otak akan berkembangan dengan baik kalau memperoleh asupan nutrisi yang cukup. Tahun lalu, peneliti dari Universitas Tokohu, Sendai, Jepang membuktikkan bahwa sarapan pagi menunjang perkembangan otak, khususnya bagian-bagian otak yang penting untuk menunjang performa belajar. Perkembangan itu terekam melalui metode pencitraan otak. Sarapan pagi meningkatkn volume materi abu-abu (gray matter) sel-sel neuron pada bagian-bagian otak yang terlibat dalam fungsi-fungsi kognitif. Jika materi abu-abu itu semakin menebal, maka sel-sel neuron akan dapat berkomunikasi dan mengantarkan serta mengelola isu dengan baik. Dan, kecepatan itu akan sangat baik dalam menunjang kinerja memori aktif yang berperan penting dalam tugas-tugas kognitif yang rumit semacam matematika. (edukasi.kompasnia.com). Selain itu ada beberapa penilitan yang menyeb

Cara menumbuhkan rambut dan mengurangi rambut rontok

Ada sebagian orang yang sangat memperhatikan rambutnya dan menginginkan semoga rambut yang dimilikinya itu menjadi lebat, sehat dan tidak rontok. Kemudian, bagaimana cara untuk mewujudkan rambut yang sehat, lebat dan tidak rontok. Ada banyak cara untuk menciptakan hal yang demikian, Salah satunya mulai dari dilema konsumsi makanan dan minuman. Jadi, makanan yang anda makan dan minuman yang anda minum akan menghipnotis pertumbuhan rambut anda. dan berikut ini yakni zat-zat yang dapat dikonsumsi untuk rambut yang sehat. 1. Protein. Rambut dibentuk dari protein, dan kekurangan protein akan menimbulkan rambut rontok. Protein mampu di dapatkan di daging, ikan dan lain-lain (healthnews.com) 2. Vitamin. Ada beberapa vitamin yang diharapkan semoga rambut menjadi sehat. yang pertama yakni vitamin c, vitamin b, vitamin e, dan yang terakhir yakni vitamin a. kawan-kawan pembaca semuanya mampu menerima vitamin-vitamin tersebut dari sayuran dan makanan-makanan lain. 3. Zat besi. Nah, yang sa